Entri Populer

Jumat, 09 November 2012

MAKANAN PENENANG

MAKANAN PENENANG 

kondisi stres bisa memicu timbulnya beragam penyakit jika tidak ditangani dengan segera

Bisa jadi, sakit perut yang Anda rasakan merupakan efek stres yang sedang Anda alami.

Stres merupakan reaksi psikologis dan fisiologis terhadap perubahan sesuatu yang tidak diterima oleh tubuh Anda. Kondisi ini akan memicu peningkatan kadar hormon kortisol dalam tubuh Anda yang bisa mengakibatkan perubahan metabolisme tubuh Anda.

Dalam kondisi stres, daya tahan tubuh cenderung melemah. Karena itu orang yang mudah stres akan mudah juga terserang berbagai macam penyakit.

Banyak hal sebenarnya yang memicu timbulnya stres. Pengaruh yang lebih besar adalah faktor lingkungan dan psikologis. Seseorang yang baru pertama kali terjebak dalam kemacetan dengan ingar-bingar suara kendaraan bisa jadi memiliki tingkat stres yang lebih tinggi daripada yang sudah terbiasa dengan kondisi tersebut.

Kabar baiknya, Anda bisa mencegah meningkatkan hormon kortisol secara berlebihan dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa meredakan stres.

Ikan. Kandungan omega-3 pada ikan terbukti ampuh menekan peningkatan hormon kortisol pada tubuh. Konsumsi sedikitnya tiga ons ikan sebanyak dua kali dalam seminggu. Tak mau repot? Anda juga bisa mendapatkan kandungan omega-3 pada minyak ikan berbentuk tablet.

Cokelat. Selain enak, cokelat juga sangat bermanfaat bagi tubuh, lho. Sebuah penelitian di Jerman menyebutkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi cokelat dalam jangka waktu 10 tahun memiliki tekanan darah yang cukup normal dan sedikit sekali mengalami stres daripada yang tidak.

Teh hitam. Sebuah penelitian di London, Inggris, menyebutkan teh hitam bisa membantu Anda meringankan ketegangan. Dalam penelitian tersebut, masing-masing peserta diminta untuk meminum sedikitnya empat cangkir teh hitam setiap hari selama satu minggu. Hasilnya, mereka merasa lebih rileks dan sedikit sekali mengalami stres.

Avokad. Kandungan potasium dan asam lemak tak jenuh tunggal pada avokad terbukti ampuh melawan stres. Sebuah penelitian di Spanyol menyebutkan bahwa kandungan lemak tak jenuh tunggal pada avokad mampu menyerap lebih banyak serotonin, hormon pencipta rasa tenang dan bahagia.

Jadi jika Anda berada di lingkungan kerja yang memiliki tingkat stres cukup tinggi, jangan lupa mengonsumsi makanan-makanan tersebut. (SUMBER: webMD, More, RedBook)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar